Pages

Selasa, 17 Maret 2015

GIMANA SICH CARA MENJAUHI NARKOBA?


Indonesia sekarang sedang dalam keadaan darurat narkoba, dimana penyalahgunaan narkoba tengah marak terjadi dimana-mana dan korbannya pun tidak mengenal umur, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua pun tak luput dari serangan narkoba. Para pengedar mengincar korbannya sejak usia dini, tak pernah memandang apakah mereka dari kalangan keluarga miskin ataupun keluarga mapan. Sudah saatnya permasalahan narkoba ini menjadi tanggung jawab kita semua, semua rakyat Indonesia, bukan tanggung jawab beberapa pihak yang berwenang.  Oleh karena itu, sejak dini generasi muda patut untuk diberi pengarahan dan bimbingan akan bahaya narkoba. Banyak cara untuk memulai memerangi narkoba yang terus menggerus generasi muda yang nantinya diharapkan sebagai pilar bangsa. Salah satu cara yaitu melakukan pencegahan sejak dini, bukankah pencegahan itu akan sangat berarti daripada sekedar mengobati?
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dan menjauhi narkoba sebagai bentuk pencegahan :
1.    Pendekatan Antar Pribadi
Pendekatan secara  personal bisa dilakukan dengan cara saling berkomunikasi dengan intens, selalu berkomunikasi dengan keluarga tentang apa saja sehingga diharapkan pengarahan dari keluarga khususnya orang tua akan sangat membantu kita untuk sadar akan bahaya narkoba dan juga sebagai bekal nantinya.

2.    Perkuat Iman & Taat Ibadah
Mendekat kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah cara yang ampuh untuk membentengi diri kita akan berbagai permasalahan yang ada, do’a adalah kekuatan terbesar di alam raya.

3.    Diskusi Terarah / Terbuka Dengan Orang Tua
Mulailah saling berbicara apa saja dengan orang tua, karena bagaimanapun mereka merupakan sosok yang lebih berpengalaman. Saling terbuka dan selalu meminta saran atau masukan  dari orang tua akan sangat membantu kita.

4.    Punya Kegiatan Positif Untuk Isi Waktu Luang
Menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat akan sangat membantu untuk menghindarkan dari keinginan akan hal-hal yang berdampak buruk, bisa dengan aktif di bidang olahraga, musik, seni tari dan drama, aktif di organisasi, dan masih banyak lagi.

5.    Hindari Teman Pengguna
Sebisa mungkin hindari dan jauhi pergaulan yang buruk yang bisa mengajak kita untuk memakai narkoba, carilah pergaulan yang baik yang bisa mengantarkan kita meraih prestasi

6.    Cari Lingkungan Yang Baik Untuk Sekolah
Dalam memilih sekolah perlu diperhatikan juga pergaulan yang ada di dalamnya, sehingga tidak akan menyesal kelak, karena memang tak bisa dihindari pergaulan di sekolah merupakan faktor yang juga bisa mendorong untuk menyalahgunakan narkoba

7.    Pendidikan Sebaya
Membentuk sebuah komunitas yang mempunyai usia sama bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan arahan dan bimbingan yang baik, diharapkan dengan komunitas tersebut, kita tidak akan merasa canggung untuk saling berkomunikasi.

8.    Penyuluhan
Melakukan sosialisasi kepada masyarakat dari berbagai kalangan akan bahaya narkoba merupakan bentuk pencegahan, di dalamnya harus ada wawasan dan pengetahuan serta berbagai informasi yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat akan bahaya narkoba

9.    Kunjungan Silaturahmi
Melakukan pertemuan yang rutin sebagai bentuk pengawasan juga bisa dilakukan.

10. Melakukan Rujukan
Memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat bisa menjadi salah satu bentuk partisipasi kita untuk mencegah seseorang dari narkoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sosial

Facebook  http://gifgifs.com/resizer/

Kontak Kami


Gedung Walikota Jakarta Selatan Lt. 14
Jl. Prapanca Raya No.9
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Kontak :(021) 29306552
Faximile:(021) 29306552
Email : bnn.jakartaselatan@yahoo.com